Kelompok Simpan Pinjam Warga Sejahtera

Menuju Koperasi Berbadan Hukum

Warga Diimbau Lapor Polisi

25-06-2009 03:51 WIB
Terkait Merajalelanya ‘Lintah Darat’
Warga Diimbau Lapor Polisi

TAMANSARI – Sepak terjang bank keliling di Kecamatan Tamansari tak hanya memeras masyarakat yang terlibat utang piutang, melainkan sudah melakukan penghinaan terhadap nasabah.

Salah satu korban terpaksa menjual rumah setelah bank keliling yang mengatasnamakan Bank Mulya Bakti yang berkantor di Cibinong itu hendak menyegel rumahnya.
“Saya terpaksa jual rumah untuk menutupi utang dari Bank Mulya Bakti. Karena, petugas bank mengancam akan menyegel rumah saya kalau utang tidak dilunasi,” kata salah satu korban bank keliling, Yuli Rahmawati.

Warga Desa Sukaresmi, Kecamatan Tamansari itu mengaku mendapat ancaman dan perlakukan tidak menyenangkan oleh petugas bank. Bahkan, kata-kata kasar keluar dari petugas itu. “Wah, kalau nagihnya kasar banget, Mas. Tidak jarang nama-nama hewan juga keluar dari mulutnya,” katanya saat ditemui di rumahnya yang tidak berubin itu.

Kasi Trantib, Kecamatan Tamansari Dadang Iwa Suwahyu mengatakan, masyarakat tidak perlu sungkan melaporkan ke polisi jika ada perlakukan tidak menyenangkan dari petugas bank keliling. “Warga harus lapor polisi,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Bogor Amin Swastika mengatakan, BMPD tidak memiliki wewenang untuk mengawasi kinerja perbankan di Bogor. Karena yang mengeluarkan izin sebuah bank adalah Bank Indonesia. “Kami tidak berwenang menangani masalah bank keliling,” ujarnya.

Ia pun mengimbau, bagi warga yang merasa dirugikan, bisa melapor ke polisi. Nanti, polisi akan memanggil pihak bank sekaligus menanyakan perizinannya. “Kalau bank tersebut tidak punya izin itu sudah pidana penipuan,” tandasnya.

Juni 25, 2009 - Posted by | 1

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: