Kelompok Simpan Pinjam Warga Sejahtera

Menuju Koperasi Berbadan Hukum

PSB Gartis

UPTK Awasi PSB

TAMANSARI – Penerimaan siswa baru (PSB) 2009 yang gratis dan transparan, membuat unit pelaksana teknis kurikulum (UPTK) di setiap kecamatan mengawasi gerak-gerik sekolah.

Seperti halnya UPTK 31 Kecamatan Tamansari yang sudah membentuk tim monitoring yang bertugas mengawasi jalannya PSB di SDN, SMPN, dan SMAN Kecamatan Tamansari.

“Kita tindak tegas jika ada sekolah yang memungut biaya PSB kepada orangtua siswa,” ujar Kasubag Tata Usaha UPTK 31 Kecamatan Tamansari Ayi Koswara.

Tim monitoring dipimpin Kepala UPTK 31 Tamansari Maryadi yang menugaskan tim pengawas sekolah mengawasi jalannya PSB di setiap sekolah.

“Tidak hanya laporan dari pengawas yang ditindaklanjuti, laporan masyarakat juga kita tanggapi. Kalau terbukti benar, kita melaporkan ke Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bogor untuk menentukan sanksi,” jelasnya.

Meski juklak dan juknis belum rampung, pelaksanaan PSB rencananya dilakukan tujuh hari di minggu pertama Juli 2009. Sebelum pelaksanaan PSB, untuk mengantisipasi kebutuhan anggaran dalam PSB, dana bantuan operasional sekolah (BOS) dicairkan. “Jadi, tidak ada alasan lagi sekolah memungut biaya kepada orangtua siswa,” tegasnya.

Hal serupa juga diungkapkan Kepala Tata Usaha UPTK 29 Kecamatan Ciomas Badrul Fikri. Ia mengatakan, UPTK memberikan data isian yang harus diisi seluruh sekolah. Isian tersebut berisi, jumlah kuota siswa. “Apakah kuota siswa sesuai dengan bangunan atau tidak,” katanya.

Untuk pengawasan, supervisi UPTK datang ke setiap sekolah. Selain itu, UPTK juga menerima laporan dari warga terkait kecurangan yang terjadi selama PSB. “Ada tiga pengawas PSB ditambah kepala UPTK,” tandasnya. (miq)

Juni 18, 2009 - Posted by | 1

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: