Kelompok Simpan Pinjam Warga Sejahtera

Menuju Koperasi Berbadan Hukum

Pemiliahan Utusan BKM

 

Belum lama ini saya diminta mengisi formulir untuk memilih warga yang akan menjadi utusan Rukun Tetangga (RT), untuk mengikuti pemilihan anggota BKM. Mungkin karena adanya  keterbatasan waktu cara pemilihan ini terpaksa dilakukan.

 

Dalam proses pemilihan tersebut nama-nama yang tercantum dalam formulir tidak dipilih oleh warga tetapi ditunjuk oleh ketua RT, sehingga utusan RT tidak lagi menjadi representasi masyarakat baik dari segi kejujuran, keadilan, sifat rendah hati, tanpa pamrih, pemurah , pengampun, setia, peduli dan kompeten.

 

Pada Modul Pelatihan P2KP mengenai konsep BKM sifat-sifat kejujuran, keadilan, rendah hati, tanpa pamrih, pemurah , pengampun, setia, peduli sering kali kita sebut sebagai orang baik dan murni, dengan tindakan yang terpuji sangat diprioritaskan, Karena orang kengan sifat-sifat baik dan murni (ikhlas) lah yang mampu membawa perbaikan dan kemajuan.

 

Tanpa sifat-sifat baik dan ikhlas tidak akan ada ketulusan, dedikasi dan pengabdian karena kepentingan pribadi/golongan diutamakan sehingga yang terjadi adalah kebocoran,  salah sasaran, penipuan dgn berbagai dalih, kkn dan ketidak adilan terus menerus yang akan memperparah kemiskinan.

 

Demikian juga apabila  BKM terdiri dari orang-orang yang tidak menerapkan nilai-nilai luhur dalam kehidupan mereka sehari-hari maka yang akan terjadi adalah kehancuran karena perbuatan baik yang bukan dilandasi oleh hati nurani yang murni akan dengan cepat luntur sehingga kehancuran hanya soal waktu saja

 

Sungguh sangat disayangkan seharusnya pemilihan anggota BKM didasarkan atas rekam jejak nilai-nilai luhur yang hanya dapat dilihat/dibuktikan dari perilaku sehari-hari dari orang yang akan dipilih tidak dapat terlaksana.

 

Mei 29, 2008 - Posted by | Desaku

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: