Kelompok Simpan Pinjam Warga Sejahtera

Menuju Koperasi Berbadan Hukum

Laporan Keuangan 2009 – Transparansi & Akuntabilitas

Ada dua hal penting yang harus dilakukan oleh Pejabat/Pengurus suatu Lembaga Publik agar terhindar dari Fitnah, Dua hal tersebut adalah TRANSPARANSI dan AKUNTABILITAS. Dewasa ini banyak Pimpinan Lembaga Publik seperti Sekolah, Koperasi, Partai Politik, LSM dan lain-lain yang mencantumkan Transparansi dan Akuntabilitas sebagai VISI dan MISI lembaga Publik tersebut, tanpa mengerti dan memahami kedua konsep tersebut yang terlihat dari minimnya publikasi Laporan Keuangan secara berkala kepada Pihak-pihak yang berkepentingan atas lembaga-lembaga tersebut. Berikut kami sampaikan pemahaman kami mengenai konsep Transparansi dan Akuntabilitas yang mungkin bisa dijadikan masukan bagi pihak pihak yang berkepentingan.

1. TRANPARANSI

Diambil dari kata transparan yang artinya kurang lebih adalah bisa melihat tanpa bisa menyentuh dan mencium aroma benda yang ada dibalik bungkus yang transparan. Misalkan, seorang Penjual daging sapi menjual daging dengan cara mengemasnya dalam plastik yang tertutup rapat, penjual daging tersebut dikatakan sudah menerapkan konsep transparansi karena calon pembeli dapat melihat barang dagangannya secara langsung meskipun tertutup oleh plastik. Pada tahap ini calon pembeli hanya dapat mengetahui melalui penglihatannya bahwa yang dijual adalah benar daging sapi bukan daging babi apalagi tempe, calon pembeli tidak akan mengetahui daging yang dimaksud adalah daging busuk atau kedaluwarsa.

Demikian pula dalam suatu Organisasi Implementasi Konsep Transparansi dilakukan dengan menerbitkan Laporan Keuangan secara berkala yang meliputi Neraca, Laporan Rugi Laba dan Arus Kas. Dengan diterbitkanya Laporan Keuangan secara berkala kepada pihak-pihak yang berkepentingan dapat melihat kemudian mengalisa serta memonitor aktivitas organisasi secara umum , para pengguna tidak dapat mengetahui kebenaran/kewajaran atas isi laporan keuangan tersebut.

2. AKUNTABILITAS

Diambil dari kata Accountable artinya dapat dipertanggungjawabkan. Pada tahap ini Pedagang sapi harus bisa membuktikan bahwa daging yang dibungkus adalah benar daging sapi yang segar bukan daging sapi yang busuk, untuk itu pedagang sapi harus membuka bungkus plastik yang menyelubungi daging dan mempersilahkan calon pembeli untuk memeriksa isi dari bungkusan daging tersebut.

Demikian pula yang terjadi pada suatu Organisasi, Implementasi konsep Akuntabilitas dilakukan dengan Pemeriksaan (Audit) secara berkala atas Laporan Keuangan yang diterbitkan oleh Pejabat/Pengurus Lembaga Publik, tentu saja hasil dari Pemeriksaan (Audit) tidak akan bisa mengungkap seluruh penyimpangan yang terjadi, hal ini sangat tergantung pada banyak faktor.

Dalam upaya mengembangkan semangat Transparansi dalam Kelompok Simpan Pinjam Warga Sejahtera, berikut kami sampaikan Laporan Keuangan dalam bentuk pdf. Laporan Keuangan yang sangat sederhana ini telah mengacu pada PSAK No.27 Tentang Koperasi dan disampaikan sesegera mungkin agar dapat dijadikan alat untuk pengambilan keputusan bagi Pengurus, Pengawas dan Anggota Kelompok.

Sedangkan wujud dari konsep Akuntabilitas pada Kelompok Simpan Pinjam Warga Sejahtera ini adalah

1. Laporan Pertanggungjawaban Tahunan

2. Laporan Keuangan Tahunan yang telah di Audit oleh Pengawas  KSPWS.

Download Laporan Keuangan FS_05_2009

April 9, 2008 - Posted by | LAPORAN KEUANGAN

2 Komentar »

  1. saya sangat tertarik untuk melihat laporan keuangan koperasi ini. sayangnya ketika saya belum berhasil untuk mengunduhnya dari web ini. mohon bantuan untuk mengirimkannya ke alamat email saya. saya sangat membutuhkan contoh laporan keuangan ini dalam rangka membantu sebuah kelompok perempuan di Padang Pariaman yang akan merintis koperasi simpan pinjam. Terima kasih banyak atas bantuannya

    Komentar oleh Donna | Oktober 31, 2009 | Balas

  2. contohnya ada gag ?
    butuh nih soalnya.

    Komentar oleh farah | November 16, 2011 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: